Sabtu, 25 Juli 2015

Saat Study Wisata di Tanjung Bira, Bulukumba-Sulawesi Selatan


Kali ini saya mau post pengalaman waktu di Bira saat melakukan kegiatan Study wisata yang letaknya berada di sebelah timur Indonesia tepatnya Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba.

 

Baiklah saya jelaskan dulu deskripsi tentang pantai ini. Pantai ini sangat terkenal dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih juga halus, panorama pantai ini juga terlihat dari gradiasi tiga warna lautnya yang menarik. selain itu fasilitas pantai ini cukup lengkap dimana tersedia fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu beberapa hari dan letaknya juga tidak jauh dari pantai. selanjutnya kita bisa menikmati keindahan bawah lautnya, cocoklah bagi pecinta travelling soalnya di pantai ini di sediakan sarana snorcling dan diving. jika sempat kita juga bisa berkunjung ke penangkaran Penyu yang berada di Pulau Liukang. 
tidak hanya itu, kita juga dapat menikmati keseruan bermain Banana Boat dan berburu souvenir khas Bira yang dijual di pinggir pantai dengan bahan bakunya terbuat dari kerang. seperti kalung, gelang, tempat tisu, dan berbagai pernak-pernik lainnya.  

Nahh saat melakukan study wisata disana, banyak hal menarik yang saya dapatkan dan bukan soal  keindahannya saja atau pun pantai ini cocok untuk liburan/refresing tetapi menyangkut tentang pelajaran atau lebih tepatnya juga cocok sebagai sarana edukasi. mengapa saya mengatakan itu ?
karena disini kita bisa banyak belajar dengan berbagai fenomena unik dari pantai ini, misalkan saja kita berpikiran kenapa pasir di pantai ini berwarna putih dan halus ? pasti kita akan mencari beberapa informasi mengenai hal itu untuk menjawab pertanyaan kita. secara tidak langsung kita belajar dan memperoleh jawaban karena disebabkan oleh pelapukan batuan kapur sehingga menghasilkan pasir yang berwarna putih dan halus. contoh lain di pantai ini juga terkenal dengan hamparan batuan karang yang bentuknya begitu unik. Kenapa ? pasti kita akan menggali seputar informasi tentang itu, nah ini bisa kita lakukan dengan melakukan observasi langsung dan melihat secara langsung apa yang sebenarnya terjadi, mengapa bisa seperti itu dan dari situ akhirnya kita dapat mengetahui bahwa pembentukan batuan karang yang unik itu dikarenakan terjadinya pengikisan air laut dimana ombak yang terhempas  mengikis secara perlahan karang-karang yang berada di bibir pantai.

Masih seputar edukasi, selain bebrapa ulasan terrsebut ternyata kita juga bisa melakukan study wisata, seperti yang saya lakukan dan beberapa rombongan dari sekolah kami. disana kita melakukan observasi langsung yang menyangkut materi pembelajaran di sekolah atau kata lain adalah bentuk pengaplikasian dari materi yang kita pelajari. Contohnya saja dengan pengaplikasian materi Negosiasi yang dapat kita lakukan disana dengan cara melakukan negosiasi antara kita (sebagai pembeli) dan si penjual barang souvenir yang kemudian kita jadikan sebagai laporan penelitian hasil observasi. itu merupakan contoh dari study wisata saya waktu berkunjung kesana untuk yang pertama kali. nahh baru-baru ini, sekitar beberapa bula yang lalu saya kembali berkunjung kesana dengan tujuan yang sama melakukan study wisata namun dengan objek uang berbeda yaitu, lebih kepada kehidupan masyarakatnya yang sangat bergantung pada  keberadaan pantai ini. seperti kehidupan ekonomis dan sosialnya.

 tidak hanya itu saya dan beberapa rombongan lainnya juga diwajibkan  melakukan penelitian dalam bidang study geografi yang menyangkut mengenai pelapukam dan pengikisan/erosi. tentunya melakukan ini tidak mudah karena kita harus menggali informasi lebih detail dan merangkumnya menjadi lebaran-lebaran laporan yang nantinya harus dipertanggung awabkan dengan kata lain dipresentasikan dengan sebaik-baiknya. ini merupakan pelajaran paling berharga yang bisa kita ambil, karena kita belajar mencari informasi sendiri, menyusnnya, menyuntingnya hingga akhirnya bisa berbentuk laporan. hal yang paling mengesankan bagi kita siswa SMA yang baru menginjak bangku kelas satu, menjadikan pengalaman seperti ini berharga untuk kedepannya bisa dikembangkan lagi dalam melatih potensi kita  memnyusun sebuah laporan. 

Balik lagi soal keindahan pantai ini, pengalaman unik lagi yang saya dapatkan saat berada disana yakni sempat melihat keindahan terumbu karangnya dengan melakukan snorkling. sungguh merupakan pengalaman yang mengesankan. ditambah lagi bukan hanya saya sendiri yang menikmatinya tetapi beberapa teman juga ikut melihat keindahan yang Tuhan ciptakan. 
sungguh sangat menakjubkan.

Okk, mungkin itu pengalamn yang paling berkesan bagi saya saat melakukan study wisata di kota tempat saya dilahirkan. So jadikan setiap momen dalam hidupmu sebagai pelajaran karena semua hal yang kita lakukan mengajari kita tentang berbagai hal. 

1 komentar: